10 Maret 2011

Lebah ......


Jenis dan Karakteristik Lebah

Lebah termasuk ke dalam klasifikasi filum antrhopodan ( hewan berbuku-buku ), golongan insekta / hexapoeda ( serangga ) dan ordo hymenoptera ( hymen: selaput, dan pteron: sayap, artinya serangga bersayap selaput ).
Ciri-ciri ordo hymenoptera : 
  • TipTipe mulut menggigit dan menjilat.
  • Larva tidak berkaki.
  • Metamorfosisnya sempurna ( holometabola ).
  • Segmen terakhir dari abdomennya ( perut ) berubah menjadi penyengat.
Lebah termasuk insekta yang membentuk susunan masyarakat, artinya tidak hidup secara sendiri tetapi berkelompok.
           
Individu – individu dalam kasta, berbeda dalam penampilan eksternalnya. Lebah jantan yang mempunyai abdomen lebar, sedangkan lebah betinayang fertile mempunyai abdomen sempit dan panjang, sedang lebah pekerja / pegawai umumnya mempunyai kantong tepung sari pada kakinya. Selama hidupnya seekor lebah hanya satu kali kawin dengan lebah jantan, yaitu ketika penerbangan perkawinan. Pada waktu itu lebah betina menerima spermatozoa dan disimpan dalam spermatotheca. Dalam organ ini spermatozoa hidup bertahun-tahun. Telur-telur yang dibuahi menghasilkan lebah pekarja atau lebah ratu. Calon lebah ratu mendapat royall jelly yaitu bubur untuk ratu. Lebah jantan berasal dari telur-telur yang tidak dibuahi dan perkembangannya secara parthenogenesis dan jumlah kromosomnya haploid.
            Dalam pembentukan sperma ( spermatogenesis ) tidak terjadi meiosis, sebaliknya dalam pembentukan telur, terjadi meiosis. Sebab itu sel telur lebah madu itu kromosomnya diploid. Tiap lebah ratu punya dua gonad dan dari dua gonad ini kemudian bersatu sebelum sampai kelubang genital ( alat produksi ). Perkembangan telur yang dibuahi terjadi dalam sarang lebah melalui larva dan pupa, jadi terjadi metamorphosis sempurna ( holometabola ). Lebah termasuk ke dalam ordo hymenoptera yang memiliki manfaat sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar