7 Maret 2011

Bercermin pada lebah

Kisah Lebah dalam Al-Qur'an

      Lebah merupakan salah satu binatang yang diabadikan Allah swt menjadi salah satu nama surat dalam Al-qur'an. yaitu surat An-Nahal, surat ke 16 yang terdiri dari 128 ayat. surat ini dinamakan an-nahal karena berarti Lebah.
Dalam Al-Qur'an Allah berfirman :
Yang artinya : "Dan tuhanmu mewahyukan kepada lebah : Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat yang dibuat manusia". ( Q.S. An-nahal : 68 ).
    

     Lebah adalah makhluk Allah yang banyak membeeri manfaat dan kenikmatan kepada manusia. Seperti Madu, yang berasal dari bermacam-macam sari bunga dan dia menjadi obat bagi bermacam-macam penyakit manusia. Kata "wahyu" dari ayat diatas, menurut Tafsir Ibnu Katsir jilid 2, adalah ilham, petunjuk, dan bimbingan bagi lebah agar ia membuat sarang tempat berlindung di gunung-gunung, di pepohonan dan di tempat yang dibangun manusia. 
Allah berfirman :
yang artinya : "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam/jenis) buah-buahan dan tempuhlah jalan tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (Kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan". (Q.S. An-nahal : 69 ).
Kata arti "Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia". pada arti ayat diatas, berarti, menurut Ibnu Katsir, bermakna bahwa dalam madu terdapat obat bagi manusia. Artinya, madu itu cocok bagi setiap orang, misal untuk mengobati dingin karena madu itu panas sebab bukankah penyakit biasanya diobati dengan antinya.
     Allah swt memberi kemampuan lebah untuk memakan berbagai jenis buah-buahan dan menempuh jalan-jalan yang dimudahkan Allah swt sesuai dengan kemauannya, baik di udara, darat, lembah, maupun di pegunungan, lalu ia kembali kesarangnya tanpa sesat. Hal inilah bisa menjadi bukti bahwa Allah swt itu maha kuasa, maha bijaksana, maha mengetahui, dan maha pemurah lagi maha pengasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar